Cara Mengecek AC Mobil di Rumah


Tips dan juga jalan mengecek di sistem ac mobil, Jasa Ac mobil sendiri, bisakah servis ac mobil seorang diri, mungkin ini adalah pertanyaan yang konvensional jika aku serba ingin tahu dengan apa yang kita miliki seperti penetapan ac mobil kita satu diantara contohnya.

Untuk yang tidak target repot sebab sibuk secara kegiatan, urusan lain yang jauh kian penting, pasti lah tips bantuan ac mobil sendiri berikut tidak berguna karena lebih baik mempercayakan kepada bengkel services ac.

Di dalam bentuk ac mobil merupakan jilid beberapa parts, peralatan atau komponen yang bekerja jadi kita siap mengatur temperatur kabin & menghasilkan udara dingin pada kabin mobil.

Tips Interogasi atau Service Ac Mobil

Berikut adalah tips pemeriksaan, pengecekan atau servis ac mobil dengan menyeluruh lawan semua unsur ac mobil.
1. Cara Periksa Ihwal Kerja Kompressor AC Mobil
Kompressor ac mobil terkuak menjadi 2 komponen yang utama yaitu kompressor dan magnetic clutch. Usut kondisi Kompresor ac
Untuk kompressor ac beberapa point yang perlu di lakukan pemeriksaan adalah periksa ihwal fisik, apakah terdapat oli yang menumpang pada pagar kompressor, pada waktu ya menandakan terjadi kebocoran pada kompressor, tetapi pun perlu untuk mencari tau dari mana datangnya oli apakah dari kompresor ataukah dari jentera.

Bagian unit dari kompressor ac yang biasa sebagai penyebab merembes freon yang bercampur beserta oli antaralain pada packing antara garis depan cover dan back cover, sambungan saluran ac saat kompressor bagus pipa low maupun pipa high, reliev valve atau seal shaft compressor.

Sedangkan pemeriksaan tingkah laku kompressor ac dalam menyedot refrigerant dapat dilihat secara menggunakan manometer gauge ac mobil.

2. Cara Selidik Magnetic Clutch atau Kopling Magnet
Kopling magnet di dalam kompresor ac mobil berfungsi untuk mengubungkan putaran jentera melalui puli kompressor. Saat gambar kompresor ac mobil di buat terdapat puli, armature assembly atau center piece dan terdapat gulungan spull dalam puli, dengan bersama di sebut guna magnetic clutch assy / kopling magnet ac mobil. Lihat pun test komitmen magnetic clutch..

Pemeriksaan untuk kopling magnet ini siap dilihat berdasar pada fisik antaralain armature assembly atau center piece tertarik oleh magnet ketika ac hidup, saksama gerakan tatkala terhubung apakah langsung terhubung atau sisip terlebih dahulu. Perhatikan juga bunyi saat terhubung apakah terdengar muluk atau sementung.

Kalau tatkala terhubung terdengar bunyi lebat (hujan) besi bertumpu besi berati telah berlangsung keausan parasan armatur assembly dengan rataan puli, atau terdapat jarak atau ompong yang terlalu jauh (lihat gambar kompresor diatas). & akibat atas jarak yang terlalu rumpang akan memapah akibat sering-sering terhubung dan kadang tidak terhubung bahkan jika suhu kompresor telah panas, karena kemampuan magnet untuk memikat center piece berkurang saat panas.

Dan hal berikut kita dengan merasakan ac kadang pasif dan ac kadang ribut sebagai konsekuensi celah rumpang center piece dan rataan puli yang terlalu rumpang. Jarak jurang puli serta center piece yang bagus berada diantara 0, 25mm sampai 0, 5mm.

Ruang atau celah center piece dengan parasan puli kompresor diatur sebab ketebalan ring plat yang digunakan jurang center piece dengan shaft atau pasak kompressor. Berubahnya jarak itu biasanya sebab memang sudah biasa waktunya penggantian spare part ac itu.

Hal lebih dari disebabkan sebab pada tatkala ac mobil dihidupkan parasan center piece yang kosong secara tiba-tiba terhubung secara permukaan puly yang bersirkulasi terus-menerus. & ini tercipta setiap ac mobil on dan off, tentu saja terdapat masa pakainya.

Jarak renggangan puli serta center piece yang terlalu jauh secara tanda ijtihad keras ketika center piece terhubung di dalam beberapa titel kompressor ac juga mengakibatkan armature assembly bisa tamat pada plat pegas, disamping itu jika jarak terlalu jauh peluang kemagnetan mulai magnetic clutch tidak pintar menarik center piece ketika kondisi bergolak.

3. Inspeksi Kondensor AC
Secara rangka pemeriksaan kondensor ac sanggup di lakukan dengan tahu sirip-sirip pada kondensor apakah ada tersembunyi basah oli ac yang menandakan terdapat kebocoran di dalam kondensor beserta periksa apakah ada tampil sirip tertekuk atau telau yang meredakan pendinginan kondensor.

4. Periksa Pipa-Pipa AC dan Slang Flexible
Mencocokkan pipa ac baik corong flexible ataupun pipa aluminium dari prospek bocor atau pun peluang bergesekan dengan bagian mobil yang lain, yang bisa sebagai penyebab terjadinya kebocoran.

Selidik atau menilik sambungan-sambungan dari kemungkinan terbongkar yang ditandai dengan turun basah oleh oli ac pada terusan pipa ac tersebut.

Periksa juga Service Valve mulai kebocoran yang mungkin tercipta, hal yang sama juga dapat di pandang jika tercipta bocor pada service valve akan tampak basah secara bekas oli di sekitar servis valve (pentil di dalam pipa ac untuk menimbun dan membuang freon) itu.

5. Pengamatan Receiver Drier
Receiver drier ini beroperasi untuk menampi kotoran semoga tidak luput ke lidah expansi, untuk ac mobil dengan macam receiver drier yang terputus dari kondensor dilengkapi dengan sight glass dan pressure switch.

Untuk pemeriksaan receiver drier macam terpisah beserta kondensor yang kebanyakan bertipe T ataupun tipe L, periksa pula dari peluang bekas oli ac dalam sekitar sambungan IN dan OUT sebab pada bagian tersebut sering pula terjadi kebocoran freon / oli ac karena sil yang meningkat atau pun sambungan corong ac yang terhubung redup keras.

Mesti dilihat juga kondisi freon melalui sight glass yang terdapat di atas receiver drier apakah sight glass terlihat putih atau hitam, jika terlihat kehitaman pertimbangkan untuk penggantian receiver drier dan periksa ac mobil secara kesemestaan ke studio servis ac mobil.

Untuk kabel pressure switch usut kondisi soket serta kenur yang terhubung apakah tampak dalam kondisi terhubung beserta baik atau tidak.

6. Pemeriksaan di dalam Expansi Valve
Untuk ekpansi Valve / katup expansi pada ac mobil ada beberapa macam, jenis expansi valve yang bisa aku periksa kondisinya dari luar adalah klep expansi yang bebentuk ulas.

Walaupun expansi berbentuk persegi ini pun ada pun yang pada tempatkan dalam rumah evaporator, tergantung konstruksi evaporator. Rupa pada rutin mobil mulai Toyota ekspansi Valve tersebut bisa dilihat dari luar, dan mudah untuk bongkar perangkat tanpa membuka Evaporator.

Serta untuk pengecekan secara ringan adalah beserta melihat keadaan secara rangka apakah terdapat bekas oli ac yang berada dalam sekitar katup expansi ini yang mengartikan telah tercipta bocor dalam seal seri pipa ac.

Sedangkan macam katup expansi yang terletak di dalam graha evaporator, kalian tidak bisa melihat ondisi secara rangka, tetapi sanggup di lihat kerja nya dari tolakan yang pada ukur, untuk yang itu mungkin semata orang bukan bisa tahu kondisinya terus-menerus teknisi.

7. Pemeriksaan Evaporator
Pemeriksaan ataupun pengecekan beserta cara gampang kondisi Evaporator bisa dikerjakan dengan mendapat hembusan udara melalui grill ac.

Apabila terasa angin kurang liat dan efek yang ditimbulkan nya merupakan ac redup dingin ataupun terkadang gas tidak menongol untuk kurang lebih tipe ac mobil, tidak ada salahnya melaksanakan pembersihan evaporator karena nakal.

8. Interogasi Blower
Ratifikasi blower berdasar pada mudah pun bisa dikerjakan dengan membena(kan) putaran blower apakah terdengar kasar ataukah terdapat suara-suara lain daripada blower. Semisal adalah ditemui dedaunan luruh yang merasuk ke blower ataupun bunyi blower yang disebabkan sama bushing motor blower yang sudah busuk. Sehingga saat ac tampak terdengar bunyi yang rusuh dari perabot blower tersebut.

9. Pengamatan Fan Kondensor
Fan kondensor atau pula biar yang jadi satu secara fan radiator perlu kita periksa juga kecepatan hembusan angin, arah hembusan bayu serta kondisi soket rantai pada fan condensor itu. Untuk hal ini apabila fan condensor mati dalam beberapa macam mobil jadi penyebab naiknya temperatur perabot ketika ac dihidupkan.

10. Pemeriksaan Drive Belt
Drive belt pada ac mobil menghubungkan antara puli kompressor ac secara puli cranksaft mesin. kredit mobil honda hr-v Pengecekan bisa dilakukan dengan tahu kondisi apakah terlihat terbuka atau sedang baik, bila terlihat bertas, langkah baiknya adalah pada ganti, memencilkan putus pada tengah jalan. Karena drive belt ac mobil berikut pada beberapa merek & tipe mobil menyatu beserta putaran water pump juga Alternator. Bahwa putus pada tengah sendi tidak pula ac mobil yang tidak tenteram, tetapi pendinginan mesin & pengisian nenenda dari Alternator juga tidak bekerja.

11. Pemeriksaan Nominal Freon Saat AC Mobil
Pemeriksaan total freon / cara menilik freon saat ac mobil bisa dalam lakukan secara manual dengan perantara nabi sight glass yang ditemui pada receiver drier, jika sistem ac menggunakan receiver drier yang menjadi satu dengan kondensor, maka sight glass ini terletak di dalam saluran corong tekanan utama.

1. Hidupkan mesin mobil, jika tampil gelembung warna putih saat idle kemudian meloncat menjadi cerah saat dalam gas keadaan freon semua.

2. Apabila terlihat bergelembung warna putih indah saat perangkat idle atau saat perangkat di gas artinya freon kurang, freon kurang tersebut terdapat 2 kemungkinan ialah memang freon kurang / freon bukan bisa merembes lebih banyak sebab di dalam orde terlalu banyak oli.

3. Pada sight glass tampil bening indah saat idle atau tatkala mesin pada gas mempunyai didalam komposisi terlampau banyak freon.

Untuk mendapatkan kinerja pemeriksaan tuntutan freon yang benar & akurat pantas menggunakan manometer gauge serupa alat bantuan ac mobil atau perabot AC R3 untuk usut jumlah freon yang terjumpa pada koordinasi ac.

Advertisements